Rabu, 31 Desember 2008

RANGKUMAN TIK BAB 7

mesin pencarimesin pencari adalah sebuah program yang dgunakan sebagai alat bantu untuk mencari informasi. untuk memudahkan dan mempercepat pencarian digunakan metode algoritma pencarian. struktur dasar: kotak teks => untuk memasukan kata kunci, tombol pencarian => menjalankan perintah pencarian. untuk memperbarui database, mesin pencari dilengkapi program : spider, bot, atau crawler. kriteria mesin pencari yang bagus : database besar dan sering diperbarui, tidak memiliki spam dan hasil pencarian relevan, memiliki kecerdasan baik.beberapa jenis mesin pencari:
GOOGLE (http://www.google.com/)
berdiri pada tahun 1998, didirikan oleh 2 sahabat dari Stanford University. kelebihannya adalah mudah digunakan, layout ringkas, cepat, dapat memperkirakan apa yang pengguna cari dan mempunyai fasilitas untuk mencari website yang sudah hilang.
YAHOO (http://www.yahoo.com/)
mesin pencari yang menggunakan indeks direktori. yahoo berasal dari koleksi link pribadi Jerry Yang. kelebihan nya mempunyai database yang besar dan membagi data base dengan google.
ALTAVISTA (http://www.altavista.com/)
didirikan oleh Digital Corp. kelebihannya dalam pencarian canggih (advance searh) dengan menggunakan operator boolean AND, OR, (), NOT, NEAR, ", dan *
LYCOS (http://lycos.com/)
dibuat di Carnegie Mellon University pada 1994. merupakan mesin pencari tertua. kelebihannya mudah digunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar